Laman

Selasa, 18 Oktober 2016

KOMUNIKASI DAN PERAN PSIKOLOGI MANAJEMEN DALAM ORGANISASI

Menurut saya, komunikasi adalah proses terjadinya penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa verbal maupun non verbal dari salah satu sumber ke penerima dengan berbagai maksud tertentu hingga tercapainya tujuan bersama. Komunikasi terjadi di antara dua orang atau lebih, dengan tujuan sang receiver (komunikan) dapat menerima dan memahami maksud pesan dari source (komunikator). Pesan di sini dapat berupa informasi, ide, gagasan, rangsangan (stimulus), emosi, keterampilan, dan lain sebagainya yang ingin disampaikan oleh komunikator kepada si komunikan dengan cara menggunakan kata-kata, simbol-simbol, angka,  gambar, grafis, gerakan tubuh, serta mimik wajah. Komunikasi juga dapat disalurkan dengan berbagai media, baik itu tatap muka secara langsung, maupun melalui media cetak atau media elektronik. Namun yang pasti ada dampak yang akan dihasilkan dari proses komunikasi yang terjadi, seperti perubahan tingkah laku atau bertambahnya pengetahuan seseorang maupun publik. Video berikut ini merupakan salah satu contoh komunikasi yang terjadi untuk mempengaruhi publik.

Komunikasi memiliki empat dimensi, berikut ini penjelasannya:
A.  Dimensi Isi
Mengacu pada tanggapan perilaku yang diharapkan sesuai dengan isi dari percakapan atau komunikasi yang dilakukan tersebut. Misalnya Tina berbicara kepada Rudi bahwa ia di suruh guru pembimbing Rudi untuk memanggilnya, maka Rudi segera berlari untuk menemui dosennya tersebut. Dimensi isi ini nampak biasanya dalam percakapan yang isinya merupakan pertama-tama mengenai diri kita.
B.  Dimensi Kebisingan
Mengacu pada hal-hal yang mengganggu pengiriman pesan oleh komunikator untuk di terima oleh si komunikan. Misalnya Ani bertemu dengan Budi di halte bus ketika mereka sedang berbincang-bincang, Ani tidak dapat mendengar apa yang di katakan oleh Budi karena suara bising kendaraan yang lalu lalang, sehingga Ani tidak dapat memahami dengan jelas apa yang dikatakan oleh Budi kepadanya.

C.  Dimensi Jaringan
Mengacu pada melalui media apa saja dan bagaimana cara penyampaian pesan tersebut dilakukan. Misalnya, hari ini Tita akan kerja kelompok setelah pulang sekolah, kemudian ia menghubungi ibunya di rumah dengan menggunakan Handphone yang dibawanya ke sekolah. Melalui media Handphone tersebut Tita dapat menghemat waktu dan tenaganya untuk tidak pulang ke rumah dulu setelah pulang sekolah , bahkan ia dapat langsung kerja kelompok tanpa membuat ibunya khawatir dengan keadaannya.
D.  Dimensi Arah
Mengacu pada arah komunikasi antara komunikator dengan komunikan, yakni bisa dalam satu arah ataupun dua arah. Contoh komunikasi satu arah adalah hanya komunikator yang memberikan informasi sementara komunikan hanya dapat mendengarkan, misalnya seorang pemuka agama yang sedang berceramah. Sedangkan komunikasi dua arah ialah dimana komunikator dan komunikan dapat berbicara atau berdialog, misalnya ketika diskusi kelompok.


CONTOH KOMUNIKASI DUA ARAH
CONTOH KOMUNIKASI SATU ARAH














Peran psikologi manajemen sendiri dalam sebuah organisasi ialah mengatur  hal-hal seperti proses perencanaan bagaimana ke depan nya memajukan organisasi, evaluasi apa saja yang menghambat organisasi tersebut dapat berkembang, usaha apa yang diperlukan untuk mengembangkan organisasi tersebut, apakah para anggota organisasi telah memberikan effort yang baik demi kemajuan organisasi, serta menggunakan seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi dengan optimal dan menjaga kualitas sumber dayanya untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.



SUMBER REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi

jihadi.staff.umm.ac.id/files/2010/01/2_komunikasi_organisasi.pdf

Munandar, Arif. 2001. Psikologi Industri Dan Organisasi. Jakarta : UI Press.

Zarkasi, Muslich. (1988). Psikologi Manajemen. New York : McGraw Hill. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar